Saat membangun sebuah aplikasi web, sering saya dihadapkan untuk melakukan pengiriman email dari aplikasi yang sedang dibangun. Tapi bagaimana caranya kita mengetahui kalau email yang kita kirim sesuai dengan keinginan kita dan dengan cara yang cepat, alias langsung dapat diakses di komputer kita sendiri?

Di sinilah program seperti MailCatcher berguna, selain program ini ringan dibandingkan kita menggunakan MTA seperti sendmail atau yang lainnya yang lebih berat, padahal kita hanya membutuhkannya hanya untuk menampilkan email saja.

MailCatcher berfungsi sebagai sebuah server SMTP yang sederhana yang tugasnya menangkap semua email dan menampilkannya di web broser.

Cara Memasang MailCatcher

Cara pemasangan MailCatcher berikut sesuai atau berlaku seperti di komputer saya yang menggunakan LinuxMint 18.2 yang secara otomatis telah terpasang Ruby dan Gem, di mana MailCatcher memerlukan kedua program agar terpasang dengan sukses.

  1. Dua buah library yang diperlukan ketika memasang MailCatcher adalah libsqlite3-dev dan ruby-all-dev, maka untuk memasang keduanya, ketikkan kedua perintah di bawah ini:
    sudo apt-get install ruby-all-dev
    sudo apt-get install libsqlite3-dev
  2. Di command line ketikkan:
    sudo gem install mailcatcher
  3. Setelah terpasang, ketikkan “mailcatcher” untuk menjalankan MailCatcher
  4. Ubah path pengiriman email di /etc/php/7.1/apache2/php.ini:
    sendmail_path = /usr/bin/env catchmail -f some@from.address

    dan jalankan ulang server Apache:

    sudo service apache2 restart

Jalankan aplikasi anda, dan lihat email yang telah ditangkap dengan mengakses http://127.0.0.1:1080/ lewat web browser Anda. Kira-kira seperti di bawah ini:

MailCatcher screenshot, courtesy of MailCatcher.me

Enjoy, semoga bermanfaat.